Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.I.K hadiri rapat Penetapan SK Status Siaga Darurat Bencana Karhutla dan Asap tahun 2020


Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.I.K. hadiri rapat Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Karhutla dan Asap tahun 2020 di Aula Yopi Arianto kantor Bupati Inhu pada hari Senin 10 Februari 2020.pada pukul 13.00 wib.
Dalam rapat ini yang dipimpin langsung oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto, SE. selain dihadiri unsur forkopimda juga hadir unsur stakeholder lainnya. Kata Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.I.K melalui Ps Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran.

Untuk menghadapi situasi kedepan, kita perlu melakukan tindakan dan langkah – langkah yang tepat untuk menangangi Karhutla yang ada di wilayah Kab. Inhu . berbagai upaya untuk pencegahan dari setiap elemen – elemen sudah dilakukan secara maksimal. Bahkan Penetapan SK Status Siaga Darurat Bencana Karhutla dan Asap tahun 2020 pun sudah dilakukan rapat oleh Forkopimda Kab. Inhu.

Dalam paparannya, Bupati inhu menyampaikan 3 point penting berdasarkan rapat koordinasi nasional (rakornas) yakni : Agar Seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah harus bersama-sama, bersinergi untuk upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan. Setiap Gubernur, Bupati dan Walikota harus segera menyusun Rencana Kontijensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana. Serta Panglima TNI dan Kapolri untuk turut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk Penegakan Hukum. terang Misran


Dijelaskannya juga, Bupati Inhu menyampaikan pihak pemda akan mendukung penuh pihak kepolisian dan instansi terkait dalam menangani karhutla ini.

Sementara itu Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.I.K menginformasikan bahwa sudah ada sekitar 108 embung yang dibuat perusahaan di wilayah Inhu sebagai penampung air Serta melakukan sosialisasi, penyuluhan bahaya karhutla melalui peran Babinkamtibmas se jajaran Polres Inhu. Terang nya.
Sepanjang tahun 2020 sudah ada lima lokasi kebakaran dan tiga orang pelaku pembakaran lahan ditahan. Kita dibantu aplikasi lancang kuning untuk memonitor karhutla lewat satelit", ujarnya Kapolres Inhu.

"Di Provinsi Riau sudah ada tiga kabupaten/ kota ditetapkan sebagai status Darurat Karhutla yaitu Bengkalis, Dumai, Siak," tutupnya

Posting Komentar

0 Komentar