Ribuan Paket Sembako,Bibit Ikan dan Tanaman Dibagikan Polres Inhu Dalam Gerakan Bhakti Sosisal Serentak


RIAU-INHU - Kemunculan covid-19 yang terjadi pada saat sekarang ini, telah menyebabkan kekhawatiran global yang tidak dapat dihindari. virus tersebut dengan tingkat penularan yang begitu cepat menyebar ke berbagai negara di dunia termasuk Indonesia pada khususnya di Kabupaten Indragiri Hulu.
Dampak dari covid-19 yang mempengaruhi perekonomian masyarakat sehingga berkurangnya pendapatan yang menimbulkan dampak sosial ditengah-tengah masyarakat.
Menyikapi permasalahan tersebut terutama dalam upaya membantu dan meringankan beban dari saudara-saudara kita yang terdampak covid-19 Polres Indragiri Hulu menggelar Bhakti sosial jumat 15/05/2020
Menurut Kapolres Inhu AKBP Efrizal,S.I.K, bhakti sosial dilaksanakan sebagai langkah antisipatif, secara bersama-sama dengan sinergitas Tni-Polri melaksanakan pembagian bantuan sosial. ” Bantuan ini berupa Sembako dan ketahanan pangan yang terdiri dari bibit ikan, serta bibit tanaman produktif, sehingga dengan sinergitas Tni-Polri dan diharapkan bantuan yang akan diberikan dapat tersalurkan tepat pada sasaran, ungkap Kapolres.

Dijelaskannya, sebelum pembagian Sembako dan ketahanan Pangan ini, telah dilakukan terlebih dahulu pendataan bagi penerima yang akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak covid-19 berdasarkan data warga masyarakat yang telah melapor di hot line serta hasil koordinasi pendataan oleh bhabinsa dan bhabinkamtibmas bersama rt/rw.
“Rencana pemberian bansos dilakukan secara’ door to door’ serta pengecekan real di lapangan untuk membantu masyarakat yang terdampak covid-19 yang benar-benar membutuhkan sehingga pemberian bantuan tepat sasaran, ucap Kapolres.
Adapun bansos yang akan diberikan kepada masyarakat berupa paket sembako & bibit untuk meningkatkan ketahanan pangan yang terdiri dari:
10 ton beras yang dikemas menjadi 5 kg / paket, mie instant berupa 100 dus Indomie dan 1.246 dus intermie yang dikemas menjadi 20 bks/paket
dengan total sebanyak 2.100 paket yang akan diterima oleh 2.100 warga yang benar-benar membutuhkan.
Sedangkan bibit untuk meningkatkan ketahanan pangan polres inhu & jajaran akan membagikan:
1. bibit ikan
– ikan nila : 6.500 ekor
– ikan patin : 3.000 ekor
– ikan lele : 24.500 ekor
– ikan gurame : 2.500 ekor
2. bibit tanaman diantaranya cabe 4.900 biji, gambas 400 biji, pupuk urea 5 sak, Jagung 5.350 biji, semangka : 250 biji, kacang panjang 2.800 biji, timun 4.250 biji, kangkung 3.000 biji dan terong 2.200 biji.

Dikatakan Kapolres, sebelumnya Polres Inhu & jajaran telah melakukan pembagian bantuan sembako dari tanggal 13 april s/d 13 mei 2020 sebanyak 2.048 paket yang dibagikan di 14 kecamatan, adapun paket sembako yang diberikan terdiri dari beras 5 kg & indomie 1 dus per paket.
Selain itu juga menurut Kapolres. setiap harinya Polres Inhu dan jajaran memberikan bantuan berupa nasi bungkus dari dapur umum polres inhu sebanyak 1.874 bungkus dan pembagian alat kesehatan berupa masker sebanyak 4.320 pcs yang dibagikan di 14 kecamatan.
Kapolres menghimbau tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada tuhan yang maha esa, pastikan kelancaran pendistribusian bansos dengan mengedepankan tindakan humanis terhadap masyarakat mantapkan kerjasama, sinergi dan soliditas Tni-Polri yang sudah terjalin dengan baik, tegasnya.
“Tetap lakukan pembatasan aktivitas sosial / social distancing untuk memutus penyebaran virus covid-19, tambahnya

Posting Komentar

0 Komentar