Launching Kampung Tangguh Nusantara, Kapolres Inhu : Semoga Masyarakat Mampu Atasi Masalah Sendiri

INHU - Melalui pelaksanaan program Kampung Tangguh Nusantara, gerakan jaga kampung, semoga masyarakat bisa mengatasi masalah sendiri atau problem solving, terutama dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan bisa menjaga ketahanan pangan secara mandiri.
Demikian hal ini disampaikan Kapolres Inhu, AKBP Efrizal S.IK dalam sambutannya ketika acara launching program Kampung Tangguh Nusantara, Gerakan Jaga Kampung Polres Inhu di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Kamis (9/7/2020).

Dijelaskan Kapolres, Jaga Kampung merupakan program terbaru Polri dalam memberikan pedoman, edukasi dan motivasi kepada masyarakat untuk memberdayakan potensi yang ada disekitar lingkungan masyarakat itu sendiri dalam rangka menjaga stabilitas ketahanan pangan serta mengatasi masalah sosial lainnya yang akan dikelola perangkat pemerintahan ditingkat Desa dan Kelurahan atau yang dikenal dengan 3 pilar, yakni Lurah atau Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan elemen masyarakat.
Sementara Wakil Bupati Inhu, H Khairzal SE M.SI dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemkab Inhu mendukung dan memberikan apresiasi atas program Jaga Kampung yang dilaksanakan Polres Inhu ini.

Selepas berikan sambutan, Kapolres Inhu, Wakil Bupati, Dandim 0302 Inhu serta Forkopimda lainnya melepas bibit ikan kedalam kolam ikan yang ada dilokasi jaga kampung, dilanjutkan dengan penanaman bibit cabe, terong dan palawija lainnya sebagai tanda dimulainya program Jaga Kampung.

Program jaga kampung ini dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas dan kelompok Tani Maju Bersama Desa Talang Jerinjing Binaan Polres Inhu serta dibantu oleh PT. SSR melalui program CSR dalam bentuk barang dengan nominal sebesar Rp. 131.874.000.
Luas lahan lebih kurang 2 hektar dan 3 kolam ikan masing-masing berukuran 5x65 meter.
Berikut bibit tanaman dan ikan dibudidayakan, cabe seluas 0,6 hektar atau 15.000 batang, terong 0,7 hektar atau 16.000 batang, tomat 0,2 hektar atau 3000 batang, mentimun 0,5 hektar atau 12.000 batang.

Sementara benih ikan yang telah dilepas, ikan patin sebanyk 10.000 ekor, ikan nila  10.000 ekor dan ikan lele 10.000 ekor.

Disamping itu, Kapolres Inhu juga menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat kurang mampu terdampak Covid-19, penyerahan APD pada petugas kesehatan serta agenda lainnya.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Inhu, Suwardi Ritonga, Ketua Pengadilan Negeri Rengat Melinda Aritonang, SH, Kejari Inhu Hayin Suhikto, SH, MH, Waka Polres Inhu Kompol Zulfa Renaldo, S.IK., M.Si, Kepala Dinas Kesehatan  Kab. Inhu Hj. Elis Julinarti, DCN, M.Kes, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. Hj. Isnidar, Para Kabag, Kasat, Kasi, Kanit dan perwira jajaran Polres Inhu.

Hadir juga Kapolsek Rengat Barat Kompol Tigor Hutagaol, Danramil 01 Rengat Kapten Info. Ardiyasman, Camat Rengat Barat Hendri, S. Sos, M.Si, Kades Talang Jerinjing Edi Prianto, ST, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat, sejumlah pimpinan perusahaan, personel Polres Inhu dan Polsek Rengat Barat

Posting Komentar

0 Komentar