Operasi Patuh Lancang Kuning 2020 Dimulai, Polres Inhu Laksanankan Gelar Pasukan

INHU-Pada Kamis (23/7/2020) Sekira Pukul 08.10 WlB Polres lnhu melaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lancang Kuning 2020 dengan Tema “Meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Masyarakat di Bidang Keamanan, Keselamatan Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas”.

Apel ini dilaksanakan di lapangan apel Mapolres lnhu Jalan Ahmad Yani Rengat, dipimpin oleh Wakapolres Inhu Kompol Zulfa Renoldo, S.I.K., M.Si.

Bertindak selaku Perwira Apel adalah Kasat Lantas Polres Inhu AKP Oka Mahendra Syahrial, SE., S.IK., M.M dan Bertindak Selaku Komandan Apel Kanit Reg Ident Sat lantas Polres Inhu Ipda Reynaldi S.Trk.


Hadir dalam kesempatan itu Para Kabag, Para Kasat, Para Kapolsek, Para Perwira jajaran Polres Inhu, Kasdim 0302 Inhu Mayor Inf Nababan, Kasi Panwal Sat Pol PP Kab. Inhu Faisal Ilahi, Sekertaris Dishub Pemkab. Inhu Winaldi SE, Ketua Senkom Kecamatan Rengat Barat, Mulya Buana.

Kapolres lnhu AKBP Efrizal S.lk melalui Ps Paur Humas Polres lnhu Aipda Misran membenarkan bahwa hari ini digelar apel Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Lancang Kuning 2020.

“Apel ini diikuti oleh 1 Pleton Pama Polres Inhu, 1 Pleton TNI/Kodim 0302 Inhu, 1 Pleton Sabhara, 1 Pleton Gabungan Staf Polres, 1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Dishub Inhu, 1 Pleton Satpol PP Pemkab. Inhu dan 1 Pleton Senkom,” katanya.

Sementara itu Kapolda Riau dalam amanatnya yang dibacakan Oleh pimpinan apel mengatakan bahw permasalahan di bidang lalulintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya

Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital gimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman cukup menggunakan handphone modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi kinerja polri khususnya polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang timbul dari modernisasi transportasi tersebut polisi lalu lintas terus berupaya melakukan program Kapolri yang disebut promoter profesional modern dan terpercaya

Sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2019 tentang lalu lintas dan angkutan jalan kita diharapkan untuk dapat Wujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban lalu lintas kamseltibcar lantas, Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, Membangun budaya tertib berlalu lintas, Meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Keempat poin diatas merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah dan solusi yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak,” ujarnya.

Polri telah menetapkan kalender operasi patuh yang akan dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 23 juli 2020 sampai dengan 5 agustus 2020 secara serentak di Indonesia.

Dijelaskannya bahwa tahun ini dalam melaksanakan kegiatan operasi patuh berbeda dengan tahun sebelumnya, operasi patuh pada tahun ini lebih mengutamakan dengan mendisiplinkan masyarakat dalam menerapkan protokol covid- 19.

Selain itu kegiatan penegak penegakan hukum hanya diterapkan operasi patuh lancang kuning 2020 sesuai tematik wilayah masing-masing dan yang kasat mata,” terangnya.

Hal tersebut adalah pengemudi menggunakan handphone, Pengemudi melawan arus, Pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, Pengemudi dan penumpang tidak menggunakan sabuk keselamatan, Pengemudi dibawah umur, Pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI dan Pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba atau mabuk.

“Dengan penindakan sasaran pelanggaran lalu lintas tersebut diatas maka diharapkan operasi patuh lancang kuning 2020 tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalu lintas serta terwujudnya kamseltibcar lantas,” tuturnya.

Kepada seluruh jajaran perlu ditekankan kembali selama pelaksanaan operasi agar mengutamakan faktor keamanan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada dan mematuhi protokol kesehatan, menghindari tindakan pungli, melakukan tugas operasi patuh lancang kuning 2020 dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat atau kontraproduktif dan tetap jaga kesehatan dan selalu berdoa, pungkasnya.

Selanjutnya para pejabat utama dan tamu dari Eksternal melaksanakan Rapat koordinasi Eksternal Lintas Sektoral Operasi Patuh Lancang Kuning 2020 di Ruang Adhi Pradana Polres Inhu.




Posting Komentar

0 Komentar