Program Jaga Kampung Polres Inhu, Eni Handayani: Laptop Anak Terbeli, Sepeda Motor Terbayar


INHU:Masa pandemi saat ini memang menuai banyak permasalahan dan salah satunya adalah menurunnya perekonomian masyarakat, terutama dikalangan petani.

Hal ini membuat Polda Riau langsung meluncurkan program yang dikenal dengan Kampung Tangguh Nusantara. Program ini salah satu upaya untuk memberikan dorongan kepada masyarakat, terutama yang berada di pedesaan untuk dapat terus menjalankan ekonomi mereka yang memang harus diakui sangat terganggu dengan wabah Covid-19 yang mewabah.
Program Kampung Tangguh Nusantara atau Jaga Kampung ini juga salah upaya untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat.

Polres Indragiri Hulu mencoba mengapikasikan program Kapolda tersebut dengan melakukan penanaman berbagai kebutuhan pangan masyaraat sampai pembuatan kolam ikan.

"Kebetulan ada masyarakat yang menyediakan lahannya di Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat lebih kurang 2 hektar. Brigadir Komaruddin sebagai Babinkamtibmas langsung berkoordinasi dengan kepala desa dan kelompok tani untuk memulai program prioritas Polda Rriau tersebut, ungkap Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK.
Selanjutnya lahan yang masih belukar langsung dilakukan pengolahan dengan bekerjasama dengan perusahaan setempat melalui csr, langsung menggarap lahan menggunakan alat berat jenis dozer dan eskavator, termasuk pemumpukan sampai pada penanaman.

Dikatakan Kapolres jenis tanaman yang ditanam diantaranya cabe, tomat, bawang merah, labu madu dan pare. Sementara untuk ikan ada nila, patin dan lele masing masing 20 ribu ekor.

Selian ketahanan pangan, dibuat juga posko bersama penanganan Covid-19, pos kamling untuk menjaga keamanan kampung, pos terpadu Bhabinkamtibmas.

"Sejauh ini sudah dilakukan panen oleh petani yakni cabe 5.140 kg, tomat 1.987 kg, 1.013 kg bawang merah, dan labu madu 1.000 kg, serta Pare 300 kg.

Sementara untuk ikan belum bisa di panen kkarena masih belum layak untuk dipanen.

Kapolres menyebutkan dengan adanya keberhasian dari satu desa untuk program jaga kampung ini, diharapkan agar desa lainnya dapat menyediakan lahan agar dapat dijalankan program yang sama pada desa lainnya, agar kampung kuat, sehat dan terjaga pangannya.

Sementara itu salah seorang warga desa yang tergabung daam kelompok tani Desa Talang jerinjing menyatakan dirinya sangat bersyukur sekali dengan program jaga kampung dari Polres Inhu ini karena dapat membantu ekonominya."Laptop anak saya terbeli, sekolahkan anak saya, terbayar motor saya. Saya ucapkan terima kasih untuk semuanya.

Posting Komentar

0 Komentar