Kapolda Riau: Vaksinasi Tidak Hanya Untuk Orang Kota, Tapi Suku Pedalaman Juga


INHU-Bertempat di Pedalaman Suku Talang Mamak, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, Kapolda Riau dan Polres Inhu Gelar Vaksinasi Masal Bagi Suku Talang Mamak dengan mempersiapkan 800 Dosis Vaksin, Senin 16 Agustus 2021.

Vaksinasi di ikuti oleh 19 Desa se Kecamatan Rakit Kulim yang di fokuskan di Desa Talang Periji. Tanpa memiliki NIK atau KTP, bagi warga Suku Talang Mamak bisa melakukan vaksinasi, karena memiliki sistem Input tersendiri.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri langsung Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso S.I.K, M.Si, Dandim Inhu 0302 Lectkol Czi Eko Supri Setiawan, Bupati Inhu Rezita Meylani, Wakil Bupati Junaidi Rachmad, Ketua DPRD Inhu Samsudin, Kepala Dinas Kesehatan Elis dan Kapolsek Kelayang AKP Obsen Samosir.

Tanda memasuki wilayah Suku Pedalaman di Inhu, Kapolda Riau beserta Rombongan di sambut dengan tarian Rentak Bulian yang di bawakan oleh anak Suku Talang Mamak dan Batin Talang Mamak, Mangku Adat beserta Ketua adat memberikan cendra mata kepada Kapolda berupa Keris, Bupati Inhu dan Kapolres Inhu diberikan Cendra mata berupa Tanjak Khas Talang Mamak.

Dalam sambutan nya Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi mengatakan dirinya sudah dua kali datang di Suku pedalaman, pertama di Suku Sakai dan kedua di talang mamak Inhu dan nantinya disini juga akan dilakukan kegiatan Hut Bhayangkari dengan memberikan Bansos kepada Warga Suku Talang Mamak usai pelaksanaan Vansinasi.

Pemberian Vaksinasi ini tidak hanya diberikan di Kota saja, melainkan Desa pedalaman juga harus, seperti Vaksinasi bagi Suku Pedalaman Talang Mamak.

"Meskipun tidak memiliki NIK saat Lakukan Vaksinasi buat Suku Talang Mamak memiliki Sitem tersendiri, jadi saya minta layani masyarakat Suku Pedalaman Dengan baik,"Ungkap Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi.

Kegiatan Vaksinasi masal ini juga merupakan rangkaian dari HUT RI ke 76, maka penyelengara Vaksinasi Kemerdekaan kali ini juga harus diterapkan di Desa Pedalaman dan harus dilayani dengan baik.

"Saya juga melihat dalam perjalan ke sini tadi banyak masyarakat memakai masker itu artinya masyarakat Suku Talang Mamak mematuhi Protokol Kesehatan,"Ungkap Kapolda Riau.

Dengan membiasakan hidup baru New Normal mengedepan kan Prokes dengan jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan, mudah-mudahan akan menjadi kebiasaan hidup baru demi mencegah penularan Covid-19 dan menjaga hidup sehat.

"Vaksin ini untuk orang dewasa atau remaja agar menambah daya tahan tubuh mencegah penularan covid,"Kata Jedral Bintang Dua ini.

Kapolda Riau juga berterimakasih kepada pemerintah, Kapolres Inhu atas terselengaranya vaksinasi masal di Suku Talang Mamak ini. Untuk hari ini 200 warga suku talang mamak siap untul di Berikan Vaksin dan untuk ketersidiaan sudah di Siapkan 800 dosis vaksin.

Kemudian lanjut pidato Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Riau dan jajaran yang telah melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat kabupaten indragiri hulu, untuk saat ini warga suku talang mamak belum ada terkomfirmasi Covid-19. Dalam kesempatan itu Rezita juga memaparkan beberapa hal tentang kabupaten Inhu, mulai dari luas daerah, jumlah penduduk serta jumlah kecamatan di Inhu.

"Terimakasih kepada Kapolda Riau dan jajaran atas terselengara nya Vaksinasi di Kecamatan Rakit Kulim Suku talang mamak yang memiliki 19 Desa, alhamdulilah warga talang mamak belum ada terkimfirmasi Covid-19,"tutup Bupati Inhu.

Kemudian, Kapolda Riau didampingi Kapolres Inhu dan Bupati serta wakil bupati meninjau pemberian Vaksinasi di tempat yang sudah disediakan serta berbincang-bincang dengan masyarakat Suku Talang Mamak.

Posting Komentar

0 Komentar