Studi Kelayakan Polsek Rakit Kulim dan Batang Peranap, Biro Rena Polda Riau Turun Lapangan

INHU - Kepala Bagian (Kabag) Strajemen Biro Perencana dan Anggaran (Rorena) Polda Riau, AKBP Osva S.I.K, M.Si dan Kapolres Inhu, AKBP Bachtiar Alponso S.I.K, M.Si, Kamis 27 Januari 2022 turun ke Kecamatan Rakit Kulim dan Batang Peranap.

Turunnya pejabat penting Polda Riau dan Kapolres Inhu untuk menggelar studi kelayakan terhadap rencana pembentukan dan pembangunan Polsek pada dua Kecamatan tersebut. 

Bertolak dari kota Rengat, rombongan tiba di Desa Sencano Jaya Kecamatan Batang Peranap sekitar pukul 10.00 WIB, disambut oleh Kapolsek Peranap, Iptu Emir Maharto Bustarosa S.T.K, S.I.K, MH, Camat Peranap yang diwakili Kasi Pemerintahan Kecamatan Peranap, Beny Aperta, Danramil Peranap yang diwakili Danpos Batang Peranap Serka Edi Kurniadi, Kasubsektor Iptu Syafril serta sejumlah Kepala Desa (Kades) yang mewakili para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda Batang Peranap.
Kapolsek Peranap dalam laporannya menyebutkan, Kecamatan Batang Peranap memiliki luas sekitar 160.883 Ha dengan jarak tempuh sekitar 50 km dari Polsek Peranap dengan kondisi jalan tanah, sedangkan Camat Peranap mengatakan, jika masyarakat Batang Peranap siap menghibahkan lahan untuk pembangunan Polsek Batang Perana dan masyarakat berharap pembangunan Polsek Batang Peranap dapat dilaksanakan tahun 2022 ini.

Sementara, dalam sambutannya, ketua Forum Kades Kecamatan Batang Peranap dan tokoh masyarakat mengatakan, atas nama masyarakat sangat berharap dan bermohon agar pembangunan Polsek Batang Peranap bisa dilaksanakan secepatnya, sebab masyarakat sangat membutuhkan kehadiran Polri, harapan ini dibuktikan dengan lahan seluas 2 hektar yang dihibahkan masyarakat secara ikhlas sebagai lokasi pembangunan Polsek. 

Sebab selama ini, jika masyarakat membutuhkan pelayanan polisi, harus ke Polsek Peranap, sementara jarak tempuh cukup jauh dan kondisi jalan berupa tanah yang pasti berdebu saat kemarau dan licin ketika musim hujan.

Kapolres Inhu dalam sambutannya mengucapkan terima kasih pada masyarakat Kecamatan Batang Peranap yang telah bersedia menghibahkan lahan untuk pembangunan Polsek Batang Peranap. "Kami, Polres Inhu juga berharap agar pembangun Polsek Batang Peranap bisa dilaksanakan secepatnya," ucap Kapolres.
Sementara, Kabag Strajemen Rorena Polda Riau menyampaikan terima atas dukungan dari masyarakat Batang Peranap dalam pembangunan Polsek Batang Peranap. Namun, syarat untuk pembangunan Polsek terlebih dahulu harus diteliti dan datanya mesti dilengkapi, kemudian diajukan ke Mabes Polri dan Mempan RB. "Kita juga berharap agar pembangunan Polsek Batang Peranap terlaksana secepatnya," tutup Kabag Strajemen Rorena Polda Riau.

Setelah di Kecamatan Batang Peranap, rombongan Kabag Strajemen Rorena Polda Riau dan Kapolres Inhu menuju Kecamatan Rakit Kulim, sekitar pukul 14.00 WIB rombongan tiba di Desa Petonggan Kecamatan Rakit Kulim sebagai lokasi rencana pembangunan Polsek Rakit Kulim.

Rombongan disambut Camat Rakit Kulim, Fitrilison, S.Pkp, Danramil di wakili Babinsa Rakit Kulim, Sertu Ilson, Kapolsubsektor Rakul Ipda Jon Hendri, S.H, KUA Rakit Kulim, Saerozi, Kapuskesmas Rakit Kulim Joni Indra, S.Km, Kapuskesmas Kota Baru Tawiriyah, S.Km, para Kades se Kecamatan Rakit Kulim, tokoh masyarakat, Jamaa'h, tokoh adat, M Fadilah dan Nanang selaku tokoh suku Talang Mamak dan pemuka masyarakat lainnya.

Sama seperti di Batang Peranap, seluruh masyarakat Rakit Kulim sangat berharap pembangunan Polsek Rakit Kulim dapat dilaksanakan secepatnya, sebagian keseriusan, masyarakat telah menghibahkan lahan untuk pembangunan Polsek Rakit Kulim sejak tahun 2010 silam.

Turut hadir ketika acara itu, Kabag Ren Polres Inhu, Kabag Ren Polres Inhu, Kompol Dwi Kormal, Kasat Lantas Polres Inhu, AKP Rocky Junasmi, S.I.K, Kasat Samapta Polres Inhu,AKP Martius Ashairi sejumlah Pejabat Utama (PJU) dan personel Polres Inhu, Polsek Peranap dan Polsek Kalayang.

Posting Komentar

0 Komentar