Sukses di Lirik, Program BERSIH di Batang Gansal Resmi Dimulai

INHU - Pasca persemian dan penyerahan kunci rumah Ica Kusmoyo di Desa Pasir Sialang Jaya (PSJ) Kecamatan Lirik oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu), AKBP Bachtiar Alponso S.I.K, M.Si, kini tim Bedah Rumah Presisi Indraguri Hulu (Bersih) mulai membedah rumah ibu Murniati (56), janda kurang mampu di Desa Seberida Kec. Batang Gansal Kab. Inhu.

Dimulainya proses bedah rumah janda kurang mampu itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kapolres Inhu, Rabu 19 Januari 2022 pukul 10.30 wib.

Dalam sambutannya, Kapolres Inhu mengucapkan terima kasih kepada para donatur atas terlaksananya program Bedah Rumah Presisi Indragiri Hulu milik ibu Murniati.
Beberapa hari yang lalu, telah diresmikan pemakaian rumah Ica Kusmoyo di Kecamatan Lirik hasil bedah rumah Presisi Inhu.

Namun, sebelumnya juga telah diresmikan 2 unit rumah di Kecamatan Kelayang, namun ketika itu, progam bedah rumah belum tersusun rapi seperti sekarang ini.
Sebagaimana diketahui, lanjut Kapolres, sesuai agenda yang disusun dalam bedah rumah Presisi Inhu akan dilaksanakan setiap bulan di seluruh Kecamatan se Kabupaten Inhu.

Untuk itu, agar Kapolsek mencarikan sasaran rumah warga yang sangat membutuhkan tempat tinggal layak huni untuk di bedah rumahnya. Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan masing-masing rumah maksimal Rp 45 juta yang berasal dari para donatur.

Dalam program ini, tidak semata-mata hanya untuk melaksanakan bedah rumah saja, apabila anggaran berlebih, maka bisa digunakan untuk membantu yayasan sosial, pembangunan Masjid, Mushala, Gereja dan lain sebagainya yang dinilai layak untuk dibantu.

Kapolres juga menjelaskan, proses pencarian sasaran rumah yang akan bedah melalui semua Bhabinkamtibmas, kemudian diajukan ke Kapolsek untuk dipilih salah satu rumah yang patut dan layak untuk di bedah.
Setelah terpilih, Kapolsek akan mengajukannya ke Kapolres, dan pengajuan Kapolsek ini akan dibawa Kapolres dalam rapat bersama tim Bedah Rumah Presisi Indragiri Hulu dan forum donatur.

Setelah memberikan sambutan, Kapolres Inhu melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah milik ibu Murniati sebagai tanda dimulainya bedah rumah Presisi Inhu.

Sementara, ketua tim Bedah Rumah Presisi Inhu, Sunarto ketika acara itu meminta dukungan dari semua pihak terkait di Kecamatan Batang Gansal agar target pembangunan rumah Murniati bisa dituntaskan dalam tempo 30 hari. 
"Tugas kami di Kecamatan Kelayang dan Lirik sudah tuntas, kini kami akan membangun rumah di Batang Gansal, mohon dukungan agar pembangunan ini sukses, selanjutnya kami akan melaksanakan kegiatan serupa di Peranap," katanya.

Sedangkan Kepala Desa Seberida, Ria Sapriana SE, Camat Batang Gansal, Basuki, S.K.M dan pemilik rumah, Murniati mengucapan terima kasih sebesar-besarnya pada Kapolres Inhu berserta tim bedah rumah Presisi Inhu Inhu dan para donatur yang telah melaksanakan pembangunan rumah layak huni untuk Murniati, semoga menjadi ladang amal bagi semuanya.

Murniati merupakan seorang janda kurang mampu yang hidup sendiri dirumah sempit 5,5 X 7 meter, berdinding kayu lapuk dan beratap seng bocor. Murniati selama ini dibantu oleh anaknya yang telah berkeluarga, namun kondisi ekonomi anaknya itu juga sangat memprihatikan, sehingga hanya bisa membantu Murniati untuk makan demi menyambung hidup.

Tampak hadir ketika acara itu, Waka Polres Inhu, Kompol Zulfa Renaldo S.I.K, M.Si, Kabag Ops Polres Inhu, Kompol Suratman, S.H, M.H, Camat Batang Gansal, Kasat Intelkam Polres Inhu, AKP Ari Surya S, S.H, Kasat Binmas Polres Inhu, AKP Buha Siahaan, S.H, Kasat Lantas Polres Inhu, AKP Rocky Junasmi S.I.K, M.H, Kasat Reskrim Polres Inhu, AKP Firman Fadhila S.I.K, Kapolsek Batang Gansal, Ipda Nadya Ayu, S.Tr.K, Danramil 03 Seberida Kapt Inf. PT Situmorang, KBO Sat Intelkam Polres Inhu, Ipda Baharudin DM, S.Sos, Kades Seberida, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Desa Seberida.

Posting Komentar

0 Komentar