Kapolres Inhu Letakan Batu Pertama Bedah Rumah Presisi Inhu di Desa Kuba

INHU - Kembali Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu), AKBP Bachtiar Alponso S.I.K, M.Si meletakkan batu pertama program Bedah Rumah Presisi Inhu (Bersih) milik Ani, warga kurang mampu di Desa Kuantan Babu (Kuba) Kecamatan Rengat.

Peletakan batu pertama oleh pimpinan Polri tertinggi di Kabupaten Inhu tersebut dilaksanakan Selasa, 22 Maret 2022 siang di Desa Kuba Kecamatan Rengat.

Kepala Desa (Kades) Kuantan Babu, Legimin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Inhu, donatur dan tim Bersih yang telah berkenan membangun rumah layak huni untuk salah seorang warganya, Ani di jalan Merak RT 04 RW 02 Dusun Indah Sari.

Atas nama Kades dan masyarakat Desa Kuba, ia juga mengucapkan terima kasih pada anggota Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah berperan aktif hingga kegiatan bedah rumah tersebut terlaksana di Desa Kuba.

Sedangkan Ketua tim Bersih, Sunarto dalam pidatonya mengucap terima kasih pada donatur tunggal untuk bedah rumah Ani, yakni Bank BNI Cabang Rengat.
"Kami masih membuka peluang bagi donatur untuk beramal Jariyah dengan berpartisipasi dalam program Bersih ini, harapan saya, Idul Fitri mendatang rumah buk Ani telah bisa ditempati," ucapnya.

Sedangkan sponsor tunggal dari BNI Cabang Rengat yang diwakili Yudha mengucapkan permohonan maaf karena Kepala BNI Cabang Rengat tidak bisa hadir. Namun, BNI Cabang Rengat akan selalu bersinergi dengan Polri dalam mendukung program Bersih.
"Mudah-mudahan kerja dengan Polres Inhu dan tim Presisi terus berlanjut untuk memberikan kontribusi pada masyarakat melalui bedah rumah dan selamat pada buk Ani atas hunian baru nanti, semoga semakin berkah," ucapnya.

Sementara, Ani ketika diminta untuk memberikan sambutan tidak bisa berkata-kata karena haru bercampur bahagia, namun dengan terisak, ia hanya bisa mengucapkan terima kasih pada Kapolres Inhu, tim Bersih dan sponsor tunggal yang telah berkenan merubah gubuknya menjadi rumah layak huni.

Kapolres Inhu dalam kesempatan itu juga mengungkapkan terima kasih kepada BNI Cabang Rengat yang menjadi sponsor tunggal untuk bedah rumah Ani serta terima kasih juga pada Ketua tim Bersih, Sekcam Rengat, Kades Kuba serta pihak lainnya atas terlaksananya bedah rumah di Desa Kuba.

Dijelaskan Kapolres, program Bersih sudah berjalan selama beberapa bulan, sampai saat ini telah 4 unit rumah yang telah dibedah dengan bantuan dari para donatur. Program Bersih sangat terbuka dan transparan, mulai dari anggaran hingga lainnya.

Sebagaimana diketahui, lanjut Kapolres, bedah rumah, setiap bulan telah diagendakan pada setiap desa diseluruh kecamatan dan diminta Kapolsek masing-masing untuk mencari donatur dan sasaran rumah yang akan dibedah.

Tiap-tiap rumah yang dibedah dialokasikan anggaran sebesar Rp 45 juta. Anggaran yang terkumpul tidak hanya untuk bedah rumah saja, jika anggaran berlebih, maka bisa digunakan untuk membantu yayasan atau pembangunan Masjid dan gereja.
"Program ini harus berputar hingga diseluruh kecamatan di Kabupaten Inhu, Alhamdulillah ini bukti nyata untuk membantu masyarakat kurang mampu di Kabupaten Inhu," ucap Kapolres mengakhiri sambutannya.

Rumah Ani sebelumnya berukuran 3X4 meter dengan ukuran tanah 10X15 yang beratap seng dan berdindingkan papan dan akan di bedah dengan ukuran 6X6 meter atau tipe 36 permanen.

Hadir ketika acara itu, Camat Rengat diwakili oleh Sekcam Rengat, Poppy Bainurita, SE, Pimpinan Cabang BNI Rengat yang diwakili oleh Yudha Adrefilo, Ketua tim Bersih, Sunarto, Kasat Binmas Polres Inhu, AKP Buha Siahaan S.H, Koramil 01 Rengat yang diwakili Bhabinsa Serma Sumarno, Kepala Desa Kuba, Legimin, tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Kuba.

Posting Komentar

0 Komentar