Tim Puslitbang Mabes Polri Turun ke Polres Inhu, Ternyata Ini Agendanya

INHU - Tim Puslitbang Mabes Polri berkunjung ke Mapolres Inhu untuk melaksanakan penelitian tentang tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri pada tahun anggaran 2022 dalam rangka mengukur kepuasan masyarakat atas layanan Kepolisian dibidang operasional. 

Kedatangan tim Puslitbang Mabes Polri yang dipimpin Kombes Pol Saefuddin Mohammad S.I.K dan diikuti oleh pendamping dari Polda Riau, yakni, Kabag Strajemen Ro Rena Polda Riau AKBP Osva S.I.K M.Si, Pembina, Dwi Irawati S, Penata, Verawaty S.E dan Penda tingkat I, Nailatalmuna N. A M.Ec Dev disambut hangat oleh Kapolres Inhu, AKBP Bachtiar Alponso S.I.K, M.Si sekaligus melaksanakan kegiatan diruang Sanika Satyawada Polres Inhu Rabu, 6 April 2022 siang.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Inhu mengucapkan selamat datang Kepada Ketua Tim Peneliti Kombes Pol Saefuddin Mohammad S.I.K beserta rombongan serta tim pendamping dari Polda Riau, AKBP OSVA S.I.K, M.Si di Polres Inhu dan Kapolres juga mengungkapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pada Polres Inhu, terpilih sebagai salah satu sampel dalam penelitian Puslitbang Mabes Polri.

Diungkapkan Kapolres, untuk keperluan penelitian ini, Polres Inhu bisa memberikan kontribusi kepada Puslitbang Polri, sehingga apa yang nenjadi tujuan bisa terwujud, yaitu kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Polres Inhu juga sudah mempersiapkan peserta FGD
yang terdiri dari internal Polri, seperti fungsi Intelkam, Reskrim, Binmas, Samapta dan Lalu Lintas.

Sedangkan dari eksternal, sudah disiapkan masyarakat Inhu sesuai permintaan tim peneliti. Untuk data sekunder sesuai petunjuk sudah dikirimkan ke Bagian Strajemen Rorena Polda Riau untuk diteruskan ke tim. Kapolres juga minta arahan dan petunjuk dari tim untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan penelitian, sehingga kedepan Polres Inhu bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat semakin percaya pada Polres Inhu.

Sementara, Ketua Tim Puslitbang Mabes Polri dalam sambutannya mengatakan, tugas Puslitbang Mabes Polri adalah melaksanakan kegiatan penelitian, pengkajian dan riset terkait tugas pokok Polri di bidang operasional maupun dibidang pembinaan, dengan harapan Puslitbang Mabes Polri dapat memberikan arahan dan masukan demi menuju Polri yang Presisi.

Keberhasilan Polri dalam pelaksanaan tugas seperti pengungkapan kasus narkoba, terorisme dan lain-lain, pada prinsipnya sudah bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, namun dari segi pelayanan, institusi Polri belum dianggap baik, hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa komplain dari masyakarat terkait pelayanan yang diberikan Polri.

Penilaian masyarakat merupakan salah satu instrumen penting dalam memajukan pelayanan terhadap masyarakat. Terkait dengan penelitian di Polres Inhu, Puslitbang Polri memakai metode kuantitatif melalui penyebaran kueisioner ke masyarakat secara online dan metode kualitatif melalui diskusi kelompok terpimpin.

Metode tersebut sudah diterapkan di Polres Inhu dengan hasil, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polres Inhu sebesar 90,14 dengan kategori sangat baik, adapun rincian nilai berdasarkan Satker, fungsi Binmas 87, fungsi Intel 90, 36, fungsi Lantas 91,77, fungsi Reskrim 91,45 dan fungsi Sabhara 84,13.

Dari hasil tersebut, Puslitbang akan mengadakan pendalaman materi, mengadakan kegiatan FGD untuk nenggali, mencari informasi yang lebih valid sehingga dapat ditarik pengaruh dari responden dengan fakta dilapangan. Nantinya hasil pendalaman materi serta diskusi dan FGD akan diberikan kepada pimpinan Polri untuk peningkatan kinerja Polri khususnya dibidang pelayanan pada 5 fungsi operasional Kepolisian yakni, Sabhara, Lantas, Intel, Reskrim dan Binmas.

Turut mendampingi Kapolres ketika acara itu, Waka Polres Inhu, Kompol Dwi Yatmoko S.T.P, S.I.K, M.I.K, para Kabag, para Kasat, para Kanit dan personel jajaran Polres Inhu. Dari unsur masyarakat, yakni Tokoh Masyarakat Kecamatan Rengat, H. Lilik, Sekcam Rengat Popy Baynurita S.E, Kepala Desa Rantau Mapesai Kecamatan Rengat, Iskandar dan tokoh agama Kecamatan Rengat, H. Thamrin.

Posting Komentar

0 Komentar