Mobil Sigap Satlantas Polres Inhu Makin Diminati dan Ditunggu

INHU - Semenjak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Inhu berlakukan pelayanan Mobil Polantas Inhu Gapai Pelajar (Sigap), jumlah masyarakat, khususnya kalangan pelajar yang memanfaatkan jasa angkutan ini makin bertambah dan diminati.

"Hingga saat ini, kita tetap konsisten dan komit untuk memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, termasuk program Mobil Sigap," kata Kapolres Inhu, AKBP Bachtiar Alponso, S.I.K., M.Si melalui Kasat Lantas Polres Inhu, AKP Rocky Junasmi, S.I.K., M.H didampingi PS Kasubsi Penmas Polres Inhu, Aipda Misran, Selasa 5 September 2022 malam.

Dijelaskan Kasat, tujuan program Mobil Sigap ini sembari melaksanakan patroli dan pemantauan arus lalu lintas Kota Rengat di pagi hari, juga untuk mengurangi pelajar yang masih di bawah umur, namun membawa kendaraan bermotor ke sekolah.
"Sudah pasti ini sangat beresiko terhadap keselamatan anak-anak itu sendiri ketika berkendara di jalan raya," ucap Kasat.

Berikut rute mobil patroli yang bisa ditumpangi pelajar di Kota Rengat, dari Mapolres Inhu ke arah BRI Cabang Rengat hingga arah Masjid Raya Ar-Rahman untuk pelajar SDN 06 dan SDN komplek. Dari Polres Inhu menuju arah kampus STIE Indragiri, Kantor Pos Rengat sampai ke Kelurahan Kampung Dagang untuk pelajar SMPN 1, SDN 016, SDN 018, SDN 07, YPAIR, SDN 04 dan SDN Al- Kanza Kampung Dagang.

Selanjutnya, rute dari pos persahabatan Lantas menuju RTH, Simpang Kancil hingga Danau Raja untuk pelajar SMA PGRI, SMPN 2, SDN 019, SMKN 1 dan SMA 1. Kemudian rute dari Mapolres Inhu menuju Simpang Lima, simpang Stadion Narasinga, simpang Jalan Bina Karya hingga Tugu Lima untuk pelajar SMPN 4, SDN 028, SMP IT, komplek sekolah Budhis Paramitha, SDN 001, SMP IT Karharaman dan SMAN 1.

"Kita menyiapkan 4 unit mobil atau kendaraan roda empat patroli lalu lintas yang beroperasi setiap hari sekolah mulai pukul 06.30 WIB sampai 7.30 WIB," tambah Kasat.

Maka, bagi para pelajar yang membutuhkan angkutan menuju sekolah bisa atau dapat memberhentikan setiap kendaraan patroli lalu lintas dengan tanda lampu rotator menyala, atau juga dapat meminta layanan bantuan polisi melalui aplikasi Si Talam Manis Presisi Ditlantas Polda Riau yang baru baru ini di launching.

Sasarannya adalah pelajar yang kesekolah dengan sepeda motor terutama penumpang sepeda motor yang tidak menggunakan helm. Polisi mendatangi siswa yang menumpang sepeda motor tanpa menggunakan helm dan meminta turun dari sepeda motor serta menawarkan untuk diantar ke sekolah.

Kegiatan ini diberikan secara gratis kepada seluruh pelajar yang membutuhkan angkutan menuju sekolah sesuai dengan rute yang sudah ditentukan.

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pelayanan yang kita sediakan. Kendaraan dinas yang kami gunakan untuk mobi sigap ini adalah kendaraan milik masyarakat, dan untuk melayani masyarakat," pungkas Kasat sembari mengakhiri wawancara.

Posting Komentar

0 Komentar